Bahaya Tersembunyi Di Atas Kasur Tidur Anak, yang Perlu Bunda Ketahui!

Ilustrasi seorang anak sedang tidur diatas kasur yang bersih Ilustrasi seorang anak sedang tidur diatas kasur yang bersih

Kasur yang nyaman tentunya akan memberikan kita waktu untuk tidur dengan lebih baik lagi. Dengan tidur menggunakan kasur badan kita pun akan terasa lebih bugar pada pagi harinya. Jadi secara umum dapat disebutkan bahwa fungsi kasur adalah memberikan tempat tidur yang nyaman bagi seseorang untuk tidur dan istirahat. Kasur juga bisa digunakan sebagai tempat penyimpanan barang-barang pribadi seperti bantal, selimut, dan boneka, serta membantu menjaga postur tubuh yang sehat saat tidur.

Bahaya Tersembunyi Di Kasur Anak

Menyediakan kasur bagi buah hati pastinya merupakan keinginan dan sudah menjadi kewajiban setiap orang tua yang ingin anaknya tidur lebih nyaman. Tapi tahukah anda bahwa dibalik kenyamanan itu terdapat bahaya yang tersembunyi? Berikut ini adalah bahaya yang tersembunyi dari kasur tidur anak:

Kasur Bayi Dengan Kelambu

Biasanya kasur bayi yang memiliki kelambu pada bagian kasurnya menggunakan besi yang melengkung. Besi ini terkadang tidak memiliki pengaman di ujungnya atau pengamannya terlepas. Ketika Pengaman ini tidak ada maka besi akan keluar dari jahitan dan berisiko terkena mata bayi kesayangan kita apabila sedang tengkurap atau melukai kaki dan tangannya apabila sedang digerakan dan mengenai sudut tajamnya

Kasur Anak Spring Bed

Kasur spring bed adalah kasur yang dibentuk dari susunan besi spiral atau yang dikenal dengan per. pada bagian atas dan bawah kasur bisanya telah diberikan busa yang kemudian dilapisi oleh kail yang cukup tebal. Tahukah anda bahwa busa dan kait tersebut dapat mudah rusak apabila terkena ompol atau sisa-sisa makanan dan minuman yang tumpah? Pada saat lapisan busa dan kain ini sering terkena cairan ompol atau cairan pembersih, maka lama kelamaan akan mulai rusak dan tidak lagi dapat melindungi anak. Kondisi ini akan sangat berbahaya ketika anak senang loncat-loncat diatas kasur spring bednya dan kakinya tersangkut atau tertusuk per yang menonjol keluar.

Terdapat Jamur Dan Kutu

Biasanya kondisi kamar anak akan dilengkapi dengan pendingin udara atau AC (Air Conditioner), tujuannya agar anak merasa nyaman di kamar dan tidak mudah berkeringat. Kondisi seperti ini dapat menjadikan udara di ruangan menjadi lembab dan dapat diserap oleh busa atau kain yang ada di kasur. Hal ini akan mengundang tumbuhnya jamur yang sangat berbahaya bila terhirup dan masuk kedalam saluran pernafasan anak. Ketika terhirup dan masuk kedalam saluran pernafasan anak, maka akan mengganggu saluran pernafasan dan menimbulkan gangguan pada hidung dan sakit tenggorokan. Disamping itu pada jenis jamur tertentu justru akan dapat menyebabkan kulit terasa gatas dan timbul iritasi ringan. Kasur yang tidak bersih juga dapat mengundang kutu berkembang biak dengan baik, sebagaimana kita ketahui bahwa kutu akan menggigit dan menghisap darah anak. ketika kasur anda terdapat kutu maka biasanya anak anda akan mengalami ruam dan iritasi pada kulit akibat gigitan dari kutu tersebut.

Cara Menjaga Kasur Agar Aman

Para orang tua tidak perlu terlalu khawatir, sebab bahaya tersebut dapat dihilangkan atau setidaknya diminimalisir agar tidak menimpa kepada buah hati tercinta kita. Berikut ini adalah beberapa cara menjaga kasur agar tetap aman dan nyaman bagi buah hati kesayangan kita:

Usahakan Ruangan Terkena Matahari Langsung

Sinar matahari selain memberikan kehangatan dan Vitamin bagi tubuh si kecil, ternyata juga dapat membersihkan ruangan dari gangguan kutu dan jamur dengan panasnya.

Jaga Sirkulasi Udara

Kamar yang sehat adalah kamar yang tidak terlalu lembab dan memiliki sirkulasi udara yang cukup. Untuk terhindar dari udara lembab maka penggunaan AC dapat dikurangi bahkan dihindari dan manfaatkan paparan cahaya matahari sebagai penghangat ruangan alami. Dengan adanya sirkulasi udara yang baik, maka pertukaran udara dalam ruangan dapat terjadi dengan baik. Usahakan membuka jendela di pagi hari agar udara segar dapat masuk dan menggantikan udara kamar saat ini.

Bersihkan Kotoran Dengan Cairan Khusus

Penggunaan sabun yang bukan dikhususkan untuk kasur, akan mengakibatkan reaksi kimia yang akan merusak struktur kain pelapis dan juga busa kasur. Akibatnya kain dan busa tersebut akan mudah kering dan sobek.

Itulah cara membersihkan kamar anak dengan yang bisa kamu terapkan setelah membaca artikel ini. SELAMAT MENCOBA!