Ini Dia Manfaat Dan Juga Bahaya Minum Kopi Yang Bisa Kamu Ketahui

Ilustrasi manfaat minum kopi Ilustrasi manfaat minum kopi

Kopi adalah minuman yang terbuat dari biji kopi yang dipanggang, dikeringkan, dan kemudian diolah menjadi bubuk. Biji kopi banyak terdapat di beberapa negara yang memiliki iklim tropis seperti di Afrika, Amerika Selatan, dan Asia Tenggara. Kopi dianggap sebagai minuman yang menyegarkan dan memberikan energi, meminum kopi sering dijadikan suatu tradisi seseorang memulai hari (di pagi hari) atau untuk menghilangkan keletihan. Ada berbagai macam jenis kopi yang tersedia, termasuk espresso, latte, cappucino, dan americano, yang masing-masing memiliki rasa dan tekstur yang berbeda.

Manfaat Yang Dirasakan Saat Minum Kopi

Tujuan utama orang yang minum kopi adalah untuk menikmati rasa dan aroma yang khas, serta untuk meningkatkan energi dan konsentrasi. Kopi juga dapat memberikan manfaat kesehatan, terutama jika diminum dalam jumlah yang moderat. Beberapa manfaat potensial dari minum kopi adalah:

  1. Meningkatkan energi dan konsentrasi: Kopi mengandung kafein, yang dapat meningkatkan energi dan konsentrasi seseorang.
  2. Menurunkan risiko penyakit: Penelitian menunjukkan bahwa minum kopi dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung, Parkinson, dan diabetes tipe 2.
  3. Mencegah stroke: Minum kopi secara teratur dapat menurunkan risiko stroke.
  4. Mencegah depresi: Penelitian menunjukkan bahwa orang yang minum kopi secara teratur memiliki risiko yang lebih rendah untuk mengalami depresi.
  5. Meningkatkan fungsi otak: Kopi dapat meningkatkan fungsi kognitif seseorang, termasuk memori, kecepatan reaksi, dan kemampuan untuk memecahkan masalah.

Meskipun ada manfaat potensial dari minum kopi, perlu diingat bahwa kopi juga dapat memiliki efek samping jika diminum dalam jumlah yang berlebihan. 

Bahaya Dan Larangan Minum Kopi

Beberapa orang mungkin memiliki kecenderungan untuk tidak bisa tidur setelah minum kopi atau merasa cemas setelah mengkonsumsi kopi. Ini terjadi karena kopi mengandung kafein, yang dapat mempengaruhi sistem saraf pusat seseorang dan meningkatkan produksi hormon stres. Efek samping lain yang mungkin terjadi setelah minum kopi adalah diare, mulas, dan masalah pencernaan lainnya. Untuk beberapa orang, minum kopi dapat menyebabkan reaksi alergi. Gejala reaksi alergi dapat termasuk gatal, bengkak, dan bersin. Jika Anda merasakan gejala seperti itu setelah minum kopi, sebaiknya hentikan pemakaian kopi dan hubungi dokter. Ada beberapa kelompok orang yang sebaiknya tidak mengkonsumsi kopi atau hanya mengkonsumsinya dalam jumlah yang sangat terbatas. Kelompok yang perlu mendapatkan pengawasan dan juga larangan meminum kopi adalah:

  • Wanita hamil: Kafein dapat menembus plasenta dan mempengaruhi pertumbuhan janin.
  • Orang yang memiliki masalah jantung: Kafein dapat meningkatkan tekanan darah seseorang dan meningkatkan risiko serangan jantung.
  • Orang yang memiliki masalah pencernaan: Kopi dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti diare dan mulas.
  • Anak-anak dan remaja: Konsumsi kopi yang berlebihan pada anak-anak dan remaja dapat mengganggu pertumbuhan dan tidur.

Sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum memutuskan untuk minum kopi jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau jika Anda merasa tidak nyaman setelah minum kopi.

Ciri Dan Kriteria Kopi Sehat

Untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang maksimal dari kopi, ada beberapa ciri-ciri kopi yang sebaiknya diperhatikan:

  • Kopi organik: Kopi yang ditanam dengan metode organik tidak menggunakan pestisida atau bahan kimia lainnya, sehingga lebih sehat untuk dikonsumsi.
  • Kopi tanpa pemanis: Kopi yang ditambahkan pemanis seperti gula atau sirup jagung akan menambah kalori dan mengurangi manfaat kesehatan kopi. Sebaiknya pilih kopi tanpa pemanis atau tambahkan sedikit gula atau susu rendah lemak jika Anda ingin menambah rasa.
  • Kopi yang dipanggang dengan baik: Kopi yang dipanggang dengan baik akan memiliki rasa yang lebih segar dan mengandung lebih sedikit kandungan karsinogen. Pilih kopi yang dipanggang secara terbuka dan tidak terlalu lama agar tetap sehat.
  • Kopi yang diproses dengan baik: Kopi yang diproses dengan baik akan mengandung lebih sedikit residu bahan kimia dan lebih segar. Pilih kopi yang diproses dengan metode alami seperti wet process atau dry process agar lebih sehat.
  • Kopi yang diasinkan dengan baik: Kopi yang diasinkan dengan baik akan memiliki rasa yang lebih segar dan tidak akan terasa pahit. Pilih kopi yang diasinkan secara terbuka agar tidak terasa pahit.
  • Sebaiknya hindari kopi yang diolah dengan bahan kimia atau pemanis buatan karena dapat mengurangi manfaat kesehatan kopi. Selain itu, konsumsi kopi harus dibatasi dalam jumlah yang moderat untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan.

Itulah manfaat dan juga bahaya minum kopi yang perlu diketahui, disamping itu sangat dianjurkan jangan terlalu banyak dan sering minum kopi terlebih lagi bila anda memiliki riwayat sakit maag atau lambung.